MANFAATKAN SAMPAH ALUMINIUM MENJADI BENDA SENI

sampah
Perahu Tradisional Biak dari bahan sampah kaleng

SAMPAH ALUMINIUM JADIKAN CUAN!

Apakah di sekitar rumah Anda terdapat banyak kaleng-kaleng aluminium, besi tua, kabel tembaga yang sudah tidak terpakai alias sampah? Jika ada, segeralah manfaatkan sampah-sampah tersebut menjadi benda bernilai seperti benda seni, membuat keterampilan, ataupun dimanfaatkan agar tidak berserakan sampai menjadi tumpukan sampah. 

Anda juga bisa menjualnya langsung kepada pembeli barang-barang aluminium. Coba cari tahu pembeli di daerah kamu, misalnya harga perkilo berapa rupiah. Bahkan jika kamu merasa perlu untuk menjadi penadah, kamu bisa ambil peluang tersebut. 

Perlu diketahui bahwa sampah kaleng aluminium bisa terurai sepenuhnya di alam sekitar 80 hingga 200 tahun lamanya. Sayang sekali, jika banyak kaleng itu tidak terpakai selama bertahun-tahun bahkan menjadi sampah kuno. Buku Meraup Duit dari Barang Seken, menjelaskan "Kebalikan dari sampah organik adalah dapat terdegradasi secara alami, sedangkan sampah anorganik atau sampah kering tidak dapat terdegradasi secara alami, seperti kertas, plastik, kaleng, kaca, aluminium foil, dan besi." (Mia Siti Amninah, dkk, 2009:11)

Perlu digaris bawahi bahwa memang sampah anorganik membutuhkan waktu yang lama untuk terdegradasi. Artinya, kita perlu memikirkan bagaimana caranya agar sampah anorganik ini bisa dimanfaatkan dan memberikan peluang bagi kita untuk mendapat penghasilan tambahan. Ada banyak sekali kemasan kaleng baik yang terbuat dari besi, aluminium, tembaga, dan bahan lainnya yang tanpa kita sadari banyak di rumah atau sekitar lingkungan tempat kita tinggal. 


sampah

Kaleng-kaleng minuman bersoda bisa dijadikan barang seni seperti melukis, mengukir, membuat pelita, membuat mainan anak-anak dan didaur ulang kedalam berbagai macam keterampilan tangan.  Kalau kita pandai mengukir atau membuat ukiran kita bisa mengukir di media kaleng seperti contoh dibahwa ini. Miniatur perahu ukiran Biak yang terbuat dari sampah minuman soda.  


Ada banyak sekali kisah sukses di dunia ini yang memanfaatkan sampah menjadi cuan. Selain mengurangi sampah di rumah kita, kita bisa merubahnya menjadi sesutu yang bermanfaat bagi kita, keluarga kita, dan tetangga kita. 

Post a Comment