Desain Ukiran Biak pada Vas Bunga Kayu

vas bunga ukiran biak
By Ukur


VAS BUNGA khas ukiran Biak ini terbuat dari kayu sukun atau dalam bahasa Biaknya ur knam, waren knam (Artocarpus altilis).  Awalnya saya membuat desain gambarnya seperti tampak pada gambar dibawah yang nantinya bahan dasarnya saya gunakan tanah liat. Saya coba gunakan beberapa jenis tanah di Biak, namun proses awalnya gagal total. Padahal, rencana awalnya saya akan membuat sejenis kendi atau dalam bahasa Biak disebut BABEWU. 

Beberapa bagian-bagian pada BABEWU terdiri dari: 1. Sosef Sba (swa), 2. Kapaw atau Bramin, 3. Babewu Bar Rasar,  4. Babewu Bar Raku, 5. Fak Kareren/Karirin, 6. Samfare, 7. Kankon (Bekainser).  

ukiran biak


Karena tidak berhasil menggunakan tanah, akhirnya saya memutuskan menggunakan bahan lain. Saya ganti tanah liat dengan kayu sukun (urknam, warem) yang tidak terpakai. Saya membentuknya model vas atau guci kemudian mengecatnya dan hasil akhirnya 
adalah vas bunga yang terbuat dari kayu sukun dengan nuasan ukiran khas Biak atau ukiran Saireri. 


INFO HARGA: 

Handmade: 
Harga Rp. 150.000,-

Post a Comment